Archive Pages Design$type=blogging

Penting

  • Bacalah catatan "technical" ini sebelum mengikuti teknik.
  • Sangat penting untuk benar-benar memahami betul mengenai informasi dalam catatan "technical" sebelum mempergunakan teknik.
  • Penguasaan teknik ini meminta anda melakukan latihan.
  • Berkonsultasi dengan para ahli yang profesional sebelum menerapkannya pada diri sendiri.

Membuat Tandu Darurat

Kemampuan membuat tandu darurat merupakan bagian penting untuk dipahami dan dikuasai. Dalam keadaan darurat tidak selalu ditemukan tendu evakuasi standar.

[feature] Tandu Darurat Plester
Tandu Darurat Plester
Mungkin saja ketika berada di lapangan kita tidak memiliki perlengkapan yang cukup untuk memberikan pertolongan. Sedangkan kondisi korban tidak memungkinkan untuk tetap berada di lokasi dalam waktu yang lama atau lokasi tersebut tidak memungkinkan bagi korban atau tim penyelamat. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut termasuk ke dalam keadaan darurat. Sehingga korban perlu dipindahkan (evakuasi) ke tempat yang aman.

Proses evakuasi ini memerlukan kecekatan dan ketrampilan tim penyelamat guna memudahkan pemindahan korban dan mengurangi bertambahnya kondisi korban sebelum mendapatkan perawatan medis yang khusus. Salah satu alternatif darurat ketika tim tidak memiliki kelengkapan khusus untuk memindahkan korban yang jaraknya cukup jauh adalah dengan menggunakan tandu darurat.

Latihan Membuat Tandu Darurat Tali
Latihan Membuat Tandu Darurat Tali

Karena keadaannya adalah darurat, maka kemungkinan besar kita tidak mendapatkan perlengkapan untuk dipergunakan. Sehingga bahan apa saja yang bisa kita gunakan sebagai tandu evakuasi darurat yang memungkinkan untuk dipakai.

Prinsip Tandu Darurat

Memang kita tidak bisa memastikan keadaan ketika di lapangan, kita hanya bisa mengira-kira atau mempredeksinya saja tentang apa yang tersedia untuk dimanfaatkan sebagai tandu darurat. Yang perlu diutamakan adalah prinsip jika kita membuat tandu daurat yang mana sebagai berikut :
  1. Daya Tahan Beban
  2. Kestabilan Saat Evakuasi
  3. Personal Safety Priority (Korban dan Rescuer)

Bahan Tandu Darurat

Tidak ada ketentuan khusus bahan apa yang dipergunakan, namun siapa tahu di lokasi kita bisa menemukan salah satu bahan yang memungkinkan dan bisa dimanfaatkan sebagai tandu darurat. Berikut ini adalah beberapa contohnya :

1. Bambu

Jika disekitar kita bisa ditemukan tanaman bambu ini bisa kita pergunakan sebagai tongkat, bahan membuat tandu darurat. Dengan ukuran dan ketahanan yang cukup untuk menahan beban korban. Kelebihan dari batang bambu sebagai bahan membuat tandu darurat adalah lebih mudah dipotong dan memiliki bentuk yang lurus.

2. Batang Kayu

Seperti halnya bambu, batang kayu juga bisa kita gunakan sebagai bahan membuat tandu darurat. Tentu saja perlu diperhatikan batang kayu yang digunakan lebih diutamakan ukuran dan kisaran ketahanan menahan beban dan sebisa mungkin yang berbentuk lurus. Hindari menggunakan bahan yang kering dan rapuh, karena bisa membahayakan sewaktu evakuasi. Batang kayu yang bisa dipergunakan adalah batang kayu yang masih hidup.

3. Papan

Selain batang bambu dan kayu, papan bisa dipergunakan sekaligus bisa menjadi alat untuk membaringkan korban. Papan bisa saja yang ditemukan sudah berbentuk seperti pintu rumah, jendela rumah, pintu lemari atau yang lainnya.

4. Sarung atau Karung

Sarung atau karung memiliki bentuk yang saling terhubung di sudutnya dan membentuk lingkaran. Ini bisa kita manfaatkan menjadi alas mengangkat korban dengan memasukkan batang bambu atau kayu ke dalam sisinya.

5. Tali

Tali adalah salah satu yang bisa kita fungsikan untuk membuat tandu menjadi stabil dan lebih aman untuk digunakan. Tali menjadi pengencang, pengikat dan penahan pondasi yang dibuat dengan bahan-bahan lain (khususnya jika menggunakan batang bambu atau kayu).

6. Baju

Baju bisa kita pergunakan untuk dijadikan bagian pembuatan tandu darurat.

Bentuk Tandu Darurat

Tidak ada ketentuan khusus dalam pembentukan tandu darurat selain prinsipnya yang diutamakan. Namun ada beberapa contoh yang mungkin bisa kita praktekkan.

Tandu Darurat Tali
Tandu Darurat Tali

Tandu Darurat Baju
Tandu Darurat Baju

Evakuasi Darurat
Evakuasi Darurat Solo

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Basic Evakuasi Perlengkapan Skill
false
ltr
item
Vertical Rescuer: Membuat Tandu Darurat
Membuat Tandu Darurat
Kemampuan membuat tandu darurat merupakan bagian penting untuk dipahami dan dikuasai. Dalam keadaan darurat tidak selalu ditemukan tendu evakuasi standar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEnTbt7EuZsxMonbf-kQ69NbojczDJ99W4oyaFKuJ9HIxQ9ICW89yuXPzVCW3esw_Qd_sE4bNM8r-lBdqM2CmtyhVM0j2SXZcd6I9aGIwrK0aD9aPLuzkmbtbZru5kbOCo8jKKILbbGX9s/s640/tandu-darurat.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEnTbt7EuZsxMonbf-kQ69NbojczDJ99W4oyaFKuJ9HIxQ9ICW89yuXPzVCW3esw_Qd_sE4bNM8r-lBdqM2CmtyhVM0j2SXZcd6I9aGIwrK0aD9aPLuzkmbtbZru5kbOCo8jKKILbbGX9s/s72-c/tandu-darurat.jpeg
Vertical Rescuer
https://verticalrescuer.blogspot.com/2015/08/membuat-tandu-darurat.html
https://verticalrescuer.blogspot.com/
http://verticalrescuer.blogspot.com/
http://verticalrescuer.blogspot.com/2015/08/membuat-tandu-darurat.html
true
9070688024052897714
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock